Saturday, September 14, 2013

Kronologi Bentrok Buruh Kalbe Farma dengan Kepolisian Bekasi

Kronologi Bentrok Buruh Kalbe Farma dengan Kepolisian Bekasi -Ribuan buruh yang tenggah melakukan aksi di depan Kantor PT Kalbe Farma kawasan Ejip Cikarang terlibat bentrok dengan aparat Kepolisian. Akibatnya, puluhan mengalami luka parah dan puluhan kendaraan mengalami kerusakan.

Pengurus FSPMI Bekasi, Nyumarno, menegaskan peristiwa pemukulan ratusan buruh itu terjadi pukul 23.10 tadi malam, saat buruh menuntut hak normatif pekerja.

Tuntutan itu terkait kenaikan upah minimum 2014 PT Kalbe Farma yang belum selesai,  penghapusan sistem kerja outsourcing, pemberlakuan bonus yang diskriminatif, pemberian uang transportasi pekerja yang tidak sama antara pekerja kontrak dan pekerja tetap dan tidak dibangun-nya Masjid sebagai fasilitas ibadah pekerja.

"Dan beberapa pelanggaran ketenagakerjaan lain," kata Nyumarno melalui keterangan tertulis kepada Skalanews di Jakarta, Jumat (13/9).

Dia menerangkan, malam itu ribuan buruh keluar dari pabrik-pabrik dikawasan Ejip Cikarang berhenti bekerja untuk melakukan aksi mogok. Namun aksi mogok yang sah para pekerja PT. Kalbe Farma tadi malam (12/09) direpresif oleh aparat Polres Metro kabupaten Bekasi.

Menurutnya, mogok kerja yang dimulai dari pagi jam 09.00 dilakukan secara tertib dan damai. Sampai salah satu Brimob yang berada di dalam pagar memprovokasi buruh yang mogok di luar pagar dengan memaki dan mengumpat.

Terjadi adu mulut antara brimob dengan peserta  mogok yang di luar pagar yang hanya sekitar 40 orang. Tak berhenti disitu, tiba-tiba lanjut dia, Brimob yang di dalam mendorong pintu pagar dan keluar, langsung memukuli masa dengan menggunakan rotan dan tongkat PHH, merubuhkan motor merusak memukuli dan menendangi motor peserta mogok kerja. Puluhan buruh luka-luka dan motor rusak.

Dia juga menegaskan sebagai bentuk protes terhadap tindakan tersebut , ribuan buruh yang ada di rumah dan di pabrik-pabrik berdatangan dan menuju Polres Metro kabupaten Bekasi.

Sesampai di Polres buruh di pukul mundur buruh dengan gas air mata, buruh luka-luka, dan ada yang ditangkap.

"Sejak tadi malam sampai saat ini buruh melakukan aksi di kantor Bupati Bekasi dan ribuan buruh akan bergelombang menginap di Kantor Bupati," ungkap Nyumarno.

http://skalanews.com/berita/detail/154481/Kronologi-Bentrok-Aparat-Kepolisian-dan-Buruh-di-Bekasi

No comments:

Post a Comment